Kamis, 16 Oktober 2014

Pertemuan 6 : INTERNAL CONTROL

Internal Control

Internal control adalah salah satu alat manajemen untuk menjamin pengaman harta, menjamin efisiensi dan efektifitas proses bisnis, menjamin kepatuhan terhadap kebijaksanaan dari keputusan manajemen, menjamin informasi akuntansi keuangan.

Control dibutuhkan karena adanya kemungkinan terjadinya resiko dalam bisnis.
Untuk memperkecil resiko ini dibuat 1 sistem yang disebut sistem pengendalian internal. 

Ada 5 unsur dalam Internal Control:
1.     Control Environment
      Control dari luar sistem perusahaan.

2.     Control Activity
      adalah Kebijakan, Prosedur, Teknik, dan Mekanisme untuk meminimalisir risiko dengan  Standarisasi aktifitas kerja/proses kerja sehingga menjamin tercapainya tujuan perusahaan.

3.     Risk assessment
      adalah bagaimana cara mengukur kemungkinan risiko dapat terjadi.

4.     Information and communication 
    Informasi dan komunikasi merupakan elemen yang penting dari pengendalian intern perusahaan, informasi tentang lingkungan pengendalian, penilaian risiko, prosedur pengendalian dan monitoring diperlukan oleh manajemen sebagai pedoman operasional dan menjamin ketaatan dengan pelaporan hukum dan peraturan-peraturan yang berlaku pada perusahaan. Informasi ini juga diperlukan dari pihak luar perusahaan.


5.     Monitoring
      Pemantauan terhadap sistem pengendalian intern akan dapat menemukan kekurangan serta meningkatkan efektivitas pengendalian, pengendalian intern dapat di monitor dengan baik dengan cara penilaian khusus atau sejalan dengan usaha manajemen. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar